Excel Membandingkan Tabel Dengan VLOOKUP dan HLOOKUP

MS Excel mempunyai Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP dalam Microsoft Excel yang berguna untuk membaca atau membandingkan suatu tabel, lalu mengambil nilai yang diinginkan pada tabel tersebut berdasarkan kunci tertentu. Kunci ini berupa sel referensi (contoh: sel A2) atau nilai, seperti kode, nomor anggota, nama, dan sebagainya.
Apabila kita menggunakan jenis tabel referensi vertikal  kita menggunakan fungsi VLOOKUP. 
contoh tabelnya adalah seperti ini :


Apabila kita menggunakan jenis tabel referensi horisontal  kita menggunakan fungsi HLOOKUP. 
contoh tabelnya adalah seperti ini :
Cara penulisannya adalah sebagai berikut :
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,range_lookup)

Dimana:
  • lookup_value: nilai atau sel referensi yang dijadikan kunci dalam pencarian data.
  • table_array: tabel atau range yang menyimpan data yang ingin dicari. Range untuk contoh tabel di atas adalah: A2:C4 (tabel pertama - VLOOKUP) dan B1:D3 (tabel dua - HLOOKUP).
  • col_index_num: nomor kolom yang ingin diambil nilainya untuk fungsi VLOOKUP. Untuk tabel pertama (VLOOKUP): nomor kolom adalah 2, bila ingin mengambil nilai pada kolom Name. Nomor kolom adalah 3, bila ingin mengambil nilai pada kolom Price.
  • row_index_num: nomor baris yang ingin diambil nilainya untuk fungsi HLOOKUP. Untuk tabel dua (HLOOKUP): nomor baris adalah 2, bila ingin mengambil nilai sel pada baris Name. Nomor baris adalah 3, bila ingin mengambil nilai sel pada baris Price.
  • range_lookup: Nilai logika TRUE atau FALSE, dimana Anda ingin fungsi VLOOKUP atau HLOOKUP mengembalikan nilai dengan metode kira-kira (TRUE) atau mengembalikan nilai secara tepat (FALSE).

Jadi fungsi Vlookup atau Hlookup ini berguna apabila kita akan membandingkan data dengan suatu tabel yang mempunyai banyak data. COntoh mencari NIM mahasiswa yang masuk kelas sore, dicarai dari NIM tersebut apakah dia mempuyai kode yang ada di tabel referensi kode kelas sore sehingga ketemu.

Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.