Cara Membuka File ISO Tanpa Software

Untuk mount (memuat) file yang berektensi ISO dan sekelasnya seperti NRG bisa saja kita melakukannya tanpa software. Dengan catatan sebelum dimulai cara ini komputer kita sudah terpasang aplikasi WinRAR. Karena secara default komputer OS Windows tidak terdapat fitur untuk membuka file ISO dan NRG.

Tanpa menggunakan trik inipun sebetulnya untuk membuka file ISO bisa kita langsung praktikkan menggunakan aplikasi WinRAR dengan cara mengekstraknya. Namun untuk file NRG atau Nero Image sudah saya coba ternyata tidak bisa langsung kita ekstrak tanpa melakukan trik yang akan saya bahas disini.

Untuk membuka file ISO dan file NRG tanpa software adalah kita harus merubah ekstensi file-file tersebut menjadi ekstensi RAR. Caranya adalah sebagai berikut :

Anda buka Windows Explorer, bisa melalui Computer atau dari Icon Folder yang berada di Taskbar Windows. Contoh disini saya menggunakan OS Windows 7. Kemudian Anda klik pilih Organize kemudian Folder and search options.

Disini Anda klik pilih tab View dan hilangkan centang (cheklist) pada Hide extensions for known file types. Artinya tugas kita sekarang adalah untuk menampilkan setiap ekstensi file yang tersimpan didalam komputer. Terakhir klik OK.


Silakan Anda buka file ISO atau file NRG yang akan Anda mount. Contoh disini saya mempunyai satu file ekstensi ISO Instant WordPress.

Rubah (rename) ekstensi yang sebelumnya .iso menjadi .rar. Misal file tersebut sebelumnya adalah Instant WordPress.iso menjadi Instant WordPress.rar. Kemudian Anda tekan Enter pada keyboard dan jika tampil peringatan klik Yes/OK. Hasilnya file tersebut akan berubah menjadi ekstensi RAR / Archive.


Jika file yang sebelumnya ekstensi ISO atau NRG sudah berubah menjadi file RAR, maka sekarang Anda tinggal melakukan ekstrak file menggunakan aplikasi WinRAR. Caranya Anda klik kanan pada file yang akan diekstrak kemudian klik pilih Ekstrak berkas…


Tunggu beberapa saat sampai proses ekstrak selesai. Sekarang file ISO atau file NRG tersebut sudah berupa folder dan Anda tinggal menggunakannya. Bagaimana mudah bukan?

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuka File ISO Tanpa Software ini dan semoga tulisan ini ada manfaatnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.