Pengalaman Kirim Uang Lewat Alfamart / Indomaret


Sebelumnya saya tidak pernah kirim uang dengan menggunakan layanan alfamart, karena selalu pakai transfer bank baik antar rekening ataupun antar bank.
Namun ada kejadian teman saya kemarin kecopetan di pelabuhan merak  dalam perjalanan dari Kalimantan ke Semarang. Dan ia pun menghubungi saya melalui SMS bahwa dia tidak pegang uang sama sekali. Semuanya habis dicopet, yang ada hanya

Karena dia ga pegang ATM apalagi uang, akhirnya dia meminta saya kirim uang melalui alfamart sejumlah uang yang ia pinjam. Saya belum pernah sama sekali transfer uang lewat alfamart,  saya agak bingung. Tp kata dia memang gampang yang penting ada nomor hp yang aktif.

Akhirnya tanpa pikir panjang dan karena uang tersebut sangat dibutuhkan untuk biaya perjalanan, saya pun langsung menuju alfamart terdekat. Dan bilang pada kasir kalau saya mau transfer dana kepada teman saya. Kemudian si kasir meminta KTP sebagai tanda pengenal.

Hanya beberapa menit saya lihat si kasir menginput data dari KTP (kartu identitas), kemudian meminta No.Telpon, dan menanyakan berapa jumlah uang yang akan ditransfer.

Selesai.

Saya mengeluarkan uang sejumlah yang ditransfer dan biaya transfer sebesar 15.000,-

Cukup mudah dan cepat....

.... Selang beberapa detik ada SMS dari Dompetku pemberitahuan tentang kode MTCN. MTCN merupakan kepanjangan dari Money Transfer Control Number. MTCN merupakan nomor/kode rahasia antara si pengirin dan si penerima.

Kemudian saya memberikan kode MTCN tersebut ke teman saya sebagai penerima, dengan cara SMSnya diforward.

... Selang beberapa waktu kemudian ada pemberitahuan lagi bahwa uang telah dicairkan/diambil.
Teman saya mencairkan di toko Alfamart terdekat dengan dia.

Mudah sekali prosesnya.

Tidak perlu ke bank atau ATM dan juga tidak perlu nomor rekening bank.
 Jadi rangkuman langkah cara mengirim uang melalui alfamart yaitu :

    Datang ke Alfamart bawa identitas (KTP) dan No.HP yang aktif.
    Bilang ke kasir bahwa anda mau tranfer uang ke seseorang.
    Tunggu si kasir untuk memproses permintaan anda. Bayar sejumlah uang yang anda kirim + biaya kirimnya.
    Berikan Nomor MTCN yang didapat dari SMS Dompetku ke teman anda yang mau menerima uang tersebut. Selesai.

Mudah-mudahan tulisan sharing ini bisa jadi informasi dan pandual awal bagi anda. Tentunya jadi cara alternatif termudah transfer dana ke siapa saja tanpa harus menggunakan rekening bank.
Memang saat ini dan ke depannya sangat dibutuhkan cara kirim dana tanpa harus datang ke kantor cabang bank tujuan terdekat.

Meski layanan transfer uang lewat alfamart merupakan layanan kerjasama antara Alfamart dengan layanan Dompetku Indosat, namun bukan berarti anda harus menggunakan nomor telpon Indosat. Anda bisa menggunakan nomor HP apa saja yang penting aktif karena akan menerima notifikasi nomor kode MTCN seperti yang dijelaskan di atas.

Soal keamanan ?...
... Layanan ini sangat aman karena menggunakan kode pencairan MTCN yang dikirim melalui sms dan hanya diketahui oleh pengirim dan penerima saja. Dan selama anda belum memberikan kode MTCN tersebut kepada si penerima, maka anda masih dapat membatalkan duit yang anda kirim, jika salah transfer.
Sebagai informasi tambahan bahwa metode MTCN merupakan metode yang juga digunakan untuk kirim uang dari/ke luar negeri seperti Western Union.
Anda sudah pernah kirim dan terima uang dari luar negeri dengan kode MTCN?. kebetulan saya sudah beberapa kali. Jadi anda tidak perlu khawatir duit anda tidak sampai.

Apakah salah transfer bisa terjadi ?...
... Salah transfer bisa saja terjadi manakala anda salah memberikan nomor handphone si penerima, atau karena si kasir Alfamartnya salah memasukkn nomor HP tujuan. Jadi, cek kembali sebelum benar-benar uang terkirim dan diambil si penerima, apakah memang dia benar-benar orang yang anda tuju atau bukan. Jika uang telah diterima oleh orang yang salah, ya..wassalam.

Hingga saat ini jaringan Alfamart terus tumbuh dan semakin banyak baik di kota-kota atau di desa-desa. Buat anda yang ingin kirim-kirim uang ke saudara bisa cepat sampai.

Selamat mencoba

6 komentar:

  1. Klo misalkan kita menyerahkannya kartu pelajar, bukan ktp, bisa gk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya yang diminta identitas resmi KTP kita, untuk mencocokan nama dan alamat pengirim.
      Selamat mencoba. Sukses selalu

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Biaya admin yg sekarang berapa ya?

    BalasHapus
  4. Sangat membantu tulisannya, namun jadilah blogger yang baik dengan menyertakan setiap sumber yang diambil seperti imagenya, imagenya adalah milik blognya www.walidin.net. Blogger yang baik hebat adalah blogger yang mengakui hak cipta blogger lainnya.

    BalasHapus
  5. Berarti gak pake no rekening ini?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.