Rover Curiosity Di Planet Mars


 

Sendirian di Mars, Ini yang Dilakukan Curiosity Setiap 5 Agustus
March 20, 2017  

NASA pernah meluncurkan sebuah robot penjelajah baru ke Mars pada 26 November 2011 lalu sebagai bagian dari misi NASA Mars Science Laboratory (MSL). Robot yang diberi nama Curiosity ini berhasil mendarat di Kawah Gale, Mars pada 5 Agustus 2012. Curiosity diklaim sebagai salah satu prestasi besar dalam eksplorasi luar angkasa karena robot ini merupakan rover terbesar yang pernah dikirim ke permukaan planet. Di tahun pertamanya menjelajah permukaan Mars, Curiosity Rover telah mengambil lebih dari 70.000 foto, menembakkan lebih dari 75.000 tembakan laser untuk memeriksa lapisan tanah dan bebatuan Mars, serta bergerak bermil-mil mengitari Si Planet Merah.

Tapi tahukah kalian? Pada 5 Agustus setiap tahunnya, Curiosity akan menjalankan sebuah tugas spesial. Robot kesepian ini akan menyanyikan lagu Happy Birthday untuk merayakan ulang tahunnya sendiri di Mars. Wah, kok bisa?

Ternyata, sebelum diluncurkan, para peneliti NASA sempat memprogram Curiosity untuk dapat menghasilkan serangkaian frekuensi yang meniru nada-nada dalam lagu Happy Birthday, lalu mengaturnya agar lagu tersebut dapat dikumandangkan di Mars secara teratur setiap tahunnya.

Sebenarnya, Curiosity tidak sepenuhnya sendirian di Mars. Ada rover-rover lain yang lebih dulu diluncurkan oleh NASA, yaitu MER-A dan MER B, masing-masing dinamakan Spirit dan Opportunity. Keduanya berhasil mendarat dengan sukses pada tahun 2004 silam. Pengoperasian Spirit harus dihentikan pada 2011 akibat “musim dingin Mars yang ekstrim membuat rover ini kehabisan energi”, sedangkan Opportunity masih beroperasi hingga sekarang. Sayangnya, perbedaan ketinggian dan jarak di antara mereka tidak memungkinkan Opportunity dan Curiosity untuk bertemu dalam jangka waktu dekat ini.

Walaupun demikian, tetap semangat ya, rover-rover di Mars!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.