Apa itu Paten Beserta Keuntungannya


Persaingan yang kuat antara bisnis dan perdagangan bersama dengan perkembangan teknologi yang pesat. Begitu banyak penemuan baru yang telah ada hingga saat ini juga menunjukkan bahwa kita telah memasuki era modern di mana semuanya dianggap praktis.Untuk dapat bersaing dan mendapatkan tempat di pasar, penemu atau penemu mendaftar untuk mendapatkan paten atas temuan mereka. Hak paten ini juga merupakan perlindungan hukum dari penemuan ini sehingga tidak ada klaim dari pihak lain.Kita dapat melihat fenomena ini dalam komunikasi dan teknologi informasi, yaitu telepon. Sejak penciptaan telepon pada tahun 1849 oleh Antonio Meucii dan dipatenkan pada tahun 1871, telepon telah mengalami begitu banyak perubahan. Sampai sekarang, istilah telepon yang banyak orang tahu adalah ponsel atau telepon seluler.Telepon konvensional yang ditemukan oleh Antonio Meucii berbeda dari telepon seluler yang kita kenal sekarang, meskipun memiliki fungsi komunikasi yang sama. Ponsel adalah penemuan baru yang dibuat oleh Martin Cooper pada tanggal 3 April 1973. Ide yang dihasilkan oleh Cooper adalah perangkat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa saat bepergian secara fleksibel, berbeda dengan telepon konvensional yang perlu dihubungkan ke jaringan telepon menggunakan sebuah kabel (nirkabel nirkabel)Ponsel sejak pertama kali ditemukan hingga kini telah mengalami banyak perubahan, salah satunya dalam hal ukuran dan berat. Ponsel kuno memiliki ukuran besar dan berat yang sulit dipegang. Tetapi sekarang ini, telepon seluler atau ponsel datang dalam berbagai bentuk dan desain yang lebih kecil, lebih ramping, tidak berat dan mudah dipegang.

Contoh Hak PatenPenjelasan dan pengembangan telepon menjelaskan sedikit tentang paten sebagai salah satu ruang lingkup Kekayaan Intelektual, di mana paten pada telepon konvensional dimiliki oleh Antonio Meucii sementara paten ponsel dipegang oleh Martin Cooper.Jadi, apa contoh lain dari paten? Apakah paten hanya untuk teknologi komunikasi seperti ponsel? Secara umum, hal-hal atau subjek yang dapat dipatenkan adalah dalam bentuk proses, mesin, item yang dapat mencakup perangkat mekanis, perangkat elektronik, dan sebagainya. Selain itu, subjek paten juga bisa menjadi metode bisnis.Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh paten dari beberapa perusahaan teknologi terbesar:

Hak Paten Layar Sentuh (Layar Sentuh)Layar sentuh adalah perangkat input komputer yang berfungsi dengan tampilan layar sentuh menggunakan jari atau pena digital. Hampir semua perangkat teknologi saat ini menggunakan teknologi layar sentuh seperti smartphone atau laptop. Pemegang paten ini adalah penemu Amerika, George Samuel Hurst, yang menerima paten ini pada 7 Oktober 1975 dengan versi pertamanya yang diproduksi pada tahun 1982.

Paten dalam industri ini adalah dalam bentuk mesin pembakaran internal dengan prinsip empat langkah yang telah dipatenkan di Amerika Serikat atas nama Honda Giken Kogyo Kabushiki Kaisha. Mesin ini diciptakan oleh Minoru Matsuda pada tahun 1985. Kemudian, pada 28 April 2006, sistem pembakaran empat langkah ini didaftarkan oleh Honda. Dilansir dari detik.com, pada 30 Desember 2009 Dirjen Haki menolak permohonan paten Bajaj Auto Limited sebagai pabrikan motor bajaj karena permohonan paten untuk sistem mesin pembakaran internal dengan prinsip empat langkah ditolak dengan alasan telah dipatenkan dimajukan oleh Honda Giken Kogyo Kabushiki Kaisha.
Hak Paten Komputer TabletPada bulan Mei 2005, Apple mendaftarkan paten oleh agen federal di Amerika Serikat, yaitu kantor pendaftaran merek dagang dan paten AS untuk desain Apple yang belum dipublikasikan. Lima tahun kemudian, desain yang dipatenkan hadir untuk menyambut publik melalui perangkat yang disebut iPad. Hingga saat ini, produk tablet telah banyak diproduksi oleh perusahaan teknologi.
Hak Paten Metode Geser Jari di GaleriBeberapa tahun yang lalu, kami masih menggunakan tombol ponsel ketika kami ingin melihat foto. Namun, karena metode slide jari ditemukan di galeri, kami tidak lagi menggunakan tombol untuk memindahkannya. Dikutip dari Kompas.com, paten dengan EP2059868 dengan nama perangkat elektronik Portable untuk manajemen foto telah menyebabkan perselisihan antara perusahaan teknologi lainnya, yaitu Samsung pada 24 Agustus 2011 dan Motorola Mobility pada Maret 2012.
Pesan Penyegaran Hak PatenDi masa lalu, ketika kami ingin melihat pesan terbaru yang muncul di email, kami akan mengeklik Kotak Masuk atau bahkan keluar dari email sementara lalu masuk kembali. Namun, sejak ditemukannya aplikasi email untuk menyegarkan pesan, kita hanya perlu menggeser jari ke bawah layar sentuh smartphone, dan pesan-pesan terbaru akan muncul.
Kalender Aplikasi PatenAnda harus membuat janji temu di kalender melalui perangkat seluler dan kemudian aplikasi kalender mengirimkan pemberitahuan bahwa Anda memiliki janji pada hari yang Anda tentukan sebelumnya. Tahukah Anda bahwa pada saat itu Anda menggunakan paten Microsoft? Permintaan yang disebut permintaan pembuatan paten dan rapat penjadwalan grup dari perangkat seluler pernah digunakan oleh Motorola tanpa izin Microsoft. Kemudian pada 18 Mei 2012, pengiriman smartphone Android Motorola dilarang di Amerika Serikat oleh Komisi Perdagangan Internasional AS.
Hak Paten untuk KarakterPaten ini dimiliki oleh Microsoft mengatur cara mengirim pesan yang mengandung lebih dari 160 karakter. Dengan paten ini, kita dapat mengirim pesan yang berisi lebih dari 160 karakter yang dapat dilakukan satu kali dan tidak dipotong-potong. Microsoft menamakan paten ini dengan mengkomunikasikan pesan multi bagian antara perangkat seluler menggunakan antarmuka standar. Perusahaan teknologi yang menggunakan paten ini adalah Apple dan telah membayar royalti untuk ini. 

Sebuah karya, kreasi atau penemuan dari seorang penemu penting untuk dipatenkan. Ini untuk melindungi temuan di bawah payung hukum sehingga tidak ada pihak lain yang menggunakan paten. Selain itu, kepemilikan paten sangat bermanfaat bagi kehidupan suatu produk di pasar, karena setiap Kekayaan Intelektual memiliki potensi ekonomi yang menguntungkan.

Dan pada akhirnya, peningkatan dan perlindungan HKI, khususnya paten ini juga akan mempercepat pertumbuhan industri, menciptakan lapangan kerja baru, mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kualitas kehidupan manusia yang menyediakan kebutuhan masyarakat luas.
Jadi, dapat dipastikan bahwa memiliki paten memberikan banyak keuntungan kepada pemilik. Demikian kami sampaikan ulasan ini. Semoga memperluas wawasan Anda tentang paten.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.