Operator Seluler yang melayani BlackBerry

PDA merupakan sebuah sistem yang berukuran hanya setelapak tangan kita yang digunakan untuk menyimpan meng-akses mengorganize informasi serta dapat digunakan sebagai alat komunikasi.

Salah satu jenis PDA yang sedang berkembang adalah Blackberry. Blackberry diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan di Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam mengejutkan dunia.




Blackberry pertamakali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember tahun 2004 oleh operator Indosat dan Starhub. Perusahaan starhub merupakan pengejawatan dari RIM yang merupakan rekan utama Blackberry. Di Indonesia pasar blackberry diramaikan oleh dua operator selain indosat yaitu telkomsel dan excelkom.

Excelkom menyediakan dua pilihan layanan yaitu blackberry internet service dan blackberry enterprise server+ (BES+). BES+ adalah layanan gabungan dari BES dan BIS, ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim e-mail kantor yang berbasis microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAP melalui telepon genggam.

Sementara, operator telkomsel hanya menyediakan blackberry sebagai bagian dari layanan korporasi dengan blackberry Enterprise Server. Walaupun begitu, penggunaan fasilitas blackberry memang baru dimanfaatkan oleh para pengguna pribadi dan korporasi, belum merambah hingga bidang pemerintahan dan intelijen seperti di negara-negara lain.


BlackBerry adalah perangkat genggam nirkabel yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon selular, sms, messenger, Internet Fax, menjelajah Internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya.

Produk yang menjadi andalan utama dan membuat Blackberry digemari di pasar adalah push e-mail. Produk ini mendapat sebutan push e-mail karena seluruh e-mail, inbox list, dan informasi jadwal (calendar) “didorong” masuk ke dalam Blackberry secara otomatis.

Pengguna tidak perlu mengakses internet terlebih dulu dan membuka satu persatu e-mail yang masuk, atau pemeriksaan e-mail baru. Hal ini dimungkinkan karena pengguna akan terhubung secara terus-menerus dengan dunia maya melalui jaringan telepon seluler yang tersedia. Alat penyimpanan juga memungkinkan para pengguna untuk mengakses data yang sampai ketika berada di luar layanan jangkauan nirkabel. Begitu pengguna terhubung lagi, Blackberry Enterprise Server akan menyampaikan data terbaru yang masuk.

Fasilitas lain yang menjadi andalan Blackberry adalah pesan instan (Instant Messanger) Yahoo Messenger, Google Talk dan Skype kini telah menjadi rekanan dengan Blackberry. Teknologi terkini memang memungkinkan pemakai untuk “mengobrol” (chatting) di internet melalui telepon genggam dan Personal Digital Assistant (PDA). Akan tetapi yang berbeda pada Blackberry adalah proses instalasi lengkap yang bisa dilakukan nya melalui jaringan nirkabel.

Keunggulan lain juga hadir melalui teknologi kompresi yang menyebabkan biaya akses menjadi murah dan pemberitahuan jawaban pesan melalui tanda getar pada Blackberry.

Penggunaan Blackberry semakin meluas dengan hadirnya fasilitas koneksi Blackberry (Blackberry Connect). Dengan Blackberry Connect, pemakai tidak lagi harus menggunakan perangkat genggam Blackberry untuk memanfaatkan Blackberry Internet Solution. Pengguna hanya perlu menginstalasi Blackberry Connect pada smartphone merek apapun yang dimiliki, pemakai dapat memanfaatkan Blackberry Internet Solution.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.